Latest Updates

TUGAS RIP (Routing Information Protocol)

1. Apakah maksud dari RIP merupakan protokol routing distance-vektor?
Jawab: Routing Information Protocol (RIP) adalah protokol berbasis distance-vector routing protocols (distance=jarak, vektor=arah) yang digunakan oleh router untuk saling bertukar informasi routing. RIP merupakan salah satu protokol routing distance vector yang digunakan oleh ribuan jaringan di dunia. Hal ini dikarenakan RIP berdasarkan open standard dan mudah diimplementasikan. Tetapi RIP membutuhkan konsumsi daya yang tinggi dan memerlukan fitur router routing protokol.

2. Perubahan jaringan diakomodir oleh RIP dengan melakukan update table routingnya secara periodik, berapa lama hal itu dilakukan ?
Jawab: Update Timer yaitu seberapa sering melakukan update informasi dalam hitungan detik. Selama 30 detik (waktu default update timer), untuk update routing table secara periodik, dimana sebuah router mengirimkan sebuah copy lengkap dari routing tablenya ke router tetangga .

3. Bagaimana cara router (RIP) membagikan informasi tabel routingnya?
Jawab:
  • Jika rute belum ada, informasi segera dimasukkan ke routing table.
  • Jika rute sudah ada, metric yang terkecil akan diambil sebagai acuan.
  • Rute melalui suatu gateway akan dihapus jika tidak ada update dari gateway tersebut dalam waktu tertentu
  • Khusus untuk gateway, RIP akan mengirimkan update routing pada alamat broadcast di setiap network yang terhubung

4. Sebutkan perbedaan RIPv1 dan RIPv2 !
Jawab:
a. RIPv1
  • RIPv1 merupakan classfull protocol (berdasarkan subnet default/kelas jaringan dan tanpa menyertakan subnet mask atau prefix) sehingga tidak mendukung VLSM (variable-length subnet masking), broadcasts updates setiap 30 seconds, periode hold-down setiap 180 seconds. Perhitungan Hop-nya (Hop count) adalah metric (Maksimal 15).
  • RIPv1 mendukung dari 6 jalur yang sama pada satu tujuan (secara default hanya mendukung 4 jalur) dimana ke-enamnya akan ditempatkan pada tabel routing dan router dapat secara seimbang melaluinya.
b. RIPv2
  • RIPv2 bersifat multicasts (224.0.0.9=ip address multicast cadangan khusus untuk RIPv2) sedangkan version 1 broadcasts.
  • RIPv2 mendukung triggered updates  dimana ketika perubahan topologi muncul,  RIPv2 router akan segera menyebarkan informasi.
  • RIPv2 juga bersifat classless protocol, sehingga RIPv2 mendukung VLSM atau jaringan yang sudah terbagi (subnet berubah/tidak default)
  • RIPv2 mendukung autentikasi (authentication), dengan menggunakan hashed password kita dapat membatasi router mana yang akan berpartisipasi dalam RIPv2.

5. Sebutkan dan jelaskan perintah untuk melihat hasil konfigurasi RIP ?
Jawab:
TUGAS RIP (Routing Information Protocol)

0 Response to "TUGAS RIP (Routing Information Protocol)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini